Skip to content

3 Kesalahan Pengelolaan Barang di Gudang yang Wajib Kamu Tahu

Written by

Financeporti
gudang karawang

Ketika Kamu memiliki gudang untuk penyimpanan barang, baik berupa makanan, pakaian, atau lainnya. Kamu perlu tahu bahwa kesalahan pengelolaan barang yang terjadi saat barang keluar masuk dari dan ke gudang akan menyebabkan kerugian.

1.    Stok barang tidak ditata sesuai kategori yang ada

Ketika Kamu memiliki gudang dengan luas area yang cukup besar karena kategori barang yang cukup banyak, pastikan untuk membiasakan sejak awal penyimpanan bahwa barang harus disimpan sesuai kategori dan metode penyimpanan tertentu. Ketika barang yang masuk ke gudang tidak ditata sesuai kategori, hal ini memungkinkan kesalahan saat pengambilan maupun pencatatan oleh admin gudang, terlebih ketika pencatatan masih dilakukan secara manual. 

2.    Menumpuk stok barang di gudang 

Ketika Kamu memutuskan untuk sewa gudang penyimpanan agar barang-barang yang dijual lebih aman dan bisa disampaikan kepada konsumen dalam kondisi baik, pastikan untuk menyediakan stok barang tidak melebihi kapasitas simpan gudang. Ketika konsumen yang dimiliki memiliki permintaan sangat tinggi terhadap suatu barang yang kamu produksi, jangan langsung memproduksi barang tersebut dalam kapasitas sangat banyak dan menumpuk stoknya. Cara yang Kamu lakukan ini justru akan membuat gudang terasa penuh dan barang dikhawatirkan rusak apabila laju produksi tidak sebanding dengan laju barang keluar dari gudang.

Baca Juga: Tips Ampuh Menjaga Sirkulasi Udara di Gudang Penyimpanan

3.    Pencatatan barang dilakukan secara manual

Kesalahan pengelolaan barang berhubungan dengan saat barang yang disimpan di dalam gudang masih menggunakan metode pencatatan manual menggunakan kertas atau kartu stok. Hal semacam ini bergantung pada tingkat ketelitian dan konsentrasi orang yang Kamu percaya untuk menghitung stok barang di gudang. Ketika mereka ada pada kondisi lelah dan sakit, maka bukan tidak mungkin pencatatan stok akan terbengkalai dan berakibat pada ketidakcocokan pencatatan stok. 

Pada dasarnya, untuk memastikan agar kesalahan pengelolaan barang tidak terjadi berulang, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, seperti:

  • Mengatur area yang digunakan untuk menyimpan stok barang baru dan stok barang lama, kemudian melakukan pencatatan berkala.
  • Menggunakan kode simpan untuk setiap barang yang disimpan di gudang untuk mengetahui ketika stok barang bertambah atau berkurang.

Jadi, itulah 3 kesalahan pengelolaan barang di gudang yang wajib Anda tahu. Nah, temukan gudang penyimpanan yang aman dan strategis seperti Gudang di Karawang klik https://karawangsentrabizhub.com/.

Previous article

Jangan Asal Pilih, Ini Tips Memilih Gorden untuk Rumah Impian Anda

Next article

Tips Memilih Sofa Bed Minimalis Untuk Rumah Mungil

Join the discussion

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *