Skip to content

Wajib Tahu! Beginilah Cara Mengisi Air Aki Mobil yang Tepat

Written by

Financeporti
aki mobil

Jika kamu sedang berencana untuk mengisi air aki pada mobil milikmu tapi terkendala dengan masa PPKM ini, tenang saja kamu bisa menggantinya sendiri di rumah dan melakukan perawatan ringan kepada mobil yang kamu miliki tersebut. Jika kamu menggunakan air aki kering mungkin tidak akan menjadi masalah tetapi jika kamu menggunakan jenis air aki yang basah, jangan lupa untuk mengecek ketinggian pada air aki tersebut. 

Cara Mengisi Air Aki Pada Mobil 

  • Air aki sebenarnya diisi pada waktu kondisi suhu pada mesin masih panas supaya bisa menunjukkan kondisi yang aktual aki mobil tersebut di saat sedang bekerja. Jadi pada saat melakukan pengisian aki nyalakan mesin mobil tersebut hingga sampai suhu yang optimal. Hal itu juga dilakukan untuk melakukan pemanasan pada mesin mobil yang jarang dipakai. 
  • Kamu bisa sambil menyalakan audio pada mobil, AC, atau apa pun itu seperti pada saat mobil tersebut sedang digunakan sehingga nantinya kita dapat melihat jika air aki tersebut benar-benar bekerja. 
  • Jika sudah mencapai panas yang begitu optimal, maka kamu dapat mematikan mesinnya dan bisa dilanjutkan untuk membuka penutup sel supaya dapat untuk mengisi air akinya. Pada saat pengisian ini kamu harus ekstra hati-hati karena masih dalam kondisi yang panas, jika kamu merasa takut maka bisa menutupnya menggunakan handuk maupun kain untuk membuka penutup sel. 
  • Setelah penutupnya dibuka, tuangkan air aki melalui setiap lubang sel aki yang ada pada mobil hingga batas garis maksimalnya. Kamu juga bisa sekalian membersihkan pada bagian penutup selnya jika sekiranya ada endapan kotoran. 
  • Jika kita tinggal lama air aki tersebut nantinya akan mengalami penurunan sedikit tetapi kamu jangan tambahkan kembali karena nanti pada saat mobil dinyalakan akan mengalami kenaikan kembali. 

Itulah, beberapa cara yang benar yang bisa kamu lakukan untuk mengisi air aki mobilmu dengan sendiri di rumah tanpa harus pergi ke bengkel sambil memanfaatkan waktu luang yang kamu miliki. 

Previous article

Tips Mudah Menata Kamar Bayi Yang Nyaman, Simpel dan Sederhana

Next article

Praktis, Inilah Cara Mengatasi Rumah yang Panas

Join the discussion

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *