Skip to content

Bingung Memilih Investasi Saham Jangka Pendek atau Panjang? Begini Loh Perbedaannya! 

Written by

Financeporti

Di era modern, istilah investasi semakin sering menjadi topik hangat di tengah masyarakat. Saat ini banyak orang yang memulai investasi untuk mengembangkan aset yang mereka miliki. Bahkan ada berbagai jenis investasi yang dapat Anda pilih. Mulai dari yang memiliki resiko rendah hingga resiko tinggi sekali pun. Umumnya, dalam berinvestasi terdiri atas dua jenis yaitu investasi jangka panjang dan investasi jangka pendek.  Kedua jenis investasi tersebut tentu memberikan keuntungan dan risiko yang berbeda-beda. Sehingga, Anda harus memilih yang sesuai dengan tujuan dan kemampuan. Dalam memilihnya, ada baiknya untuk mengenal lebih dekat setiap perbedaan dari investasi jangka panjang atau pendek itu sendiri. Simak penjelasan berikut.

Pengertian Investasi Jangka Panjang dan Pendek

Investasi jangka pendek adalah investasi yang tentunya dilakukan dalam durasi yang singkat. Sementara, investasi jangka panjang adalah investasi yang dilakukan  dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan demi masa mendatang yang lebih indah. Yuk cari tahu perbedaan investasi jangka panjang dan pendek berikut ini. 

Perbedaan Investasi Jangka Panjang dan Pendek

Umumnya, seorang investor dapat mengetahui perbedaan dua jenis investasi ini yang dilihat dari modal, risiko, tujuan, dan jangka waktu. 

Modal

Pada investasi jangka pendek, Anda tidak memerlukan modal yang besar untuk memulai investasi. Ada berbagai jenis instrumen investasi yang dapat dimulai dari modal kecil misalnya investasi reksadana seperti https://www.most.co.id/reksa-dana. Bahkan investasi reksadana adalah instrumen investasi yang cocok untuk pemula. Dengan modal 100 ribu rupiah maka Anda bisa memiliki produk reksadana. Jika dibandingkan dengan investasi jangka panjang, investasi jenis ini memerlukan dana yang lebih besar untuk mendapatkan keuntungan maksimal untuk jangka panjang. Tetapi jangka panjang juga dapat dimulai dari modal kecil tetapi keuntungan yang didapat juga sebanding dengan modal yang Anda keluarkan. 

Risiko Investasi

Pada investasi jangka pendek, proses investasinya cenderung cepat, sehingga tidak heran jika risikonya pun juga lebih tinggi. Meninggal ada berbagai faktor yang mempengaruhi investasi jangka pendek lebih berisiko, seperti  harga pasar yang cenderung tidak stabil. Sementara pada investasi jangka panjang, risiko lebih kecil karena pergerakan yang tidak cepat seperti pada investasi jangka pendek. Tips sukses dalam investasi jangka pendek adalah bersabar untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal. 

Tujuan

Investasi jangka pendek dilakukan untuk mewujudkan tujuan dalam waktu yang singkat.  Misalnya untuk mempersiapkan biaya liburan ke luar negri. Sementara investasi jangka panjang dilakukan untuk mewujudkan tujuan pada masa yang akan datang. Misalnya untuk mempersiapkan hari tua yang lebih baik. 

Waktu

Jika dilihat dari segi waktu, investasi jangka pendek umum dilakukan minimal selama 1 tahun. Anda dapat memilih investasi reksadana untuk investasi jangka pendek.  Sementara investasi jangka panjang dapat dilakukan dengan minimal 5 tahun. Anda dapat memilih investasi saham seperti https://www.most.co.id/saham sebagai instrumen investasi jangka panjang. 

Jadi, itulah beberapa perbedaan antara investasi jangka pendek dan panjang. Bagi Anda yang ingin memulai investasi namun bingung memilih investasi jangka pendek atau panjang maka sesuaikanlah dengan tujuan investasi serta kebutuhan Anda. Setiap investasi tentu memiliki risiko yang berbeda-beda. Semakin tinggi keuntungan yang ingin Anda dapatkan, maka resikonya juga semakin besar. Semoga membantu!

Previous article

Tips Meningkatkan Pelanggan Setia, Salah Satunya dengan Program Loyalitas. Cek di Sini