Skip to content

Ini Kekurangan dan Kelebihan Mortar Instan untuk Hunian

Written by

Financeporti
semen mortar

Majunya perkembangan teknologi untuk bahan bangunan menciptakan berbagai bahan bangunan baru yang bermanfaat dan mampu mengatasi berbagai permasalahan dalam membangun hunian. Salah satunya adalah dengan adanya mortar instan atau semen instan. Inilah kekurangan dan kelebihan dari komposisi semen mortar instan.

Kelebihan Semen Mortar Instan

Semen instan ini tidak akan membutuhkan tambahan bahan seperti pasir untuk bisa membuat campuran semen selayaknya penggunaan semen biasanya. Cukup hanya dengan mencampurkan mortar instan dengan air, aduk, maka semen akan siap untuk digunakan. 

Membangun hunian Anda juga akan lebih menghemat waktu, selain itu semen ini juga mempunyai kandungan bahan tambahan yang berkualitas agar bisa membantu daya rekat yang kuat dan membuat bangunan kokoh sehingga sangat cocok untuk plester bangunan. Oleh sebab itu, tidak mengherankan bila semen instan ini banyak ditemukan pada konstruksi bangunan high-rise. 

Campuran homogen yang lebih baik bisa membuat hasil akhir dari mortar instan ini juga jauh lebih halus, estetis, dan juga rapi jika dibandingkan dengan menggunakan semen biasanya. Campuran homogen yang ada di semen instan bisa meminimalkan kemungkinan munculnya retak rambut dan retakan lainnya yang sering ditemukan pada campuran semen biasa yang masih kurang maksimal.

Kekurangan dari Mortar Instan 

Kekurangan dari semen instan ini adalah memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan semen biasanya karena kandungan di dalamnya lebih kaya. Semen instan yang sudah memiliki kandungan campuran semen yang cocok untuk berbagai situasi tertentu. Namun, ketika pembangunan, campuran semen yang akan dibutuhkan juga berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan, seperti untuk digunakan merekatkan batu bata, membuat plester, acian, sampai beton dan lain sebagainya.

Walaupun semen instan ini memiliki kandungan komposisi yang sudah diatur, campuran semen instan yang kurang fleksibel bisa berdampak besar pada budget dalam pembangunan karena tambahan biaya untuk pembeli campuran semen instan yang berbeda-beda tersebut. Pada hal yang satu ini, semen biasa yang sering ada di pasaran menjadi lebih baik karena memang lebih mudah dibentuk komposisi campuran sesuai dengan kebutuhan. 

Previous article

Pembisnis Wajib Tahu Ini Indikator Loyalitas Pelanggan Anda