Skip to content

MEMANDIKAN ANAK DI MALAM HARI, AMANKAH?

Written by

Financeporti

Pada masa pertumbuhan anak-anak akan menjadi sangat aktif dalam bermain. Terkadang di malam haripun mereka masih bermain sehingga mengakibatkan badan mereka lengket dan berkeringat. Jika tidak dimandikan, hal ini dapat menyebabkan tidur mereka menjadi tidak nyenyak karena merasa gerah. Memandikan anak di malam hari masih membingungkan bagi sebagian orang tua. Masih banyak dari mereka yang merasa takut karena mandi di malam hari dapat menyebabkan  terkena penyakit reumatik dan paru-paru basah. Padahal penyakit reumatik dan paru-paru basah tidak ada kaitannya dengan mandi di malam hari. Lalu,bolehkah kita  memandikan anak-anak pada malam hari?

Lihat Pemanas Air Indonesia

Negara Indonesia merupakan negara tropis dimana cuacanya lebih hangat dibandingkan negara subtropis. Hal ini mengakibatkan anak-anak lebih mudah berkeringat dan merasa gerah karena suhu yang panas. Tubuh juga lebih mudah terinfeksi bakteri karena selalu lembab karena berkeringat, maka dari itu mandi menjadi solusinya untuk perlindungan tubuh dari bakteri dan kuman. Apalagi jika anak-anak masih aktif bermain pada malam hari sehingga anak kegerahan dan berkeringat, maka memandikan anak pada malam hari boleh-boleh saja. Tetapi supaya memandikan anak di malam hari menjadi aman maka beberapa hal yang harus orang tua perhatikan adalah:

  1. Menggunakan air yang sesuai dengan kondisi suhu anak

Jika anak sedang dalam keadaan panas dan kegerahan karena aktivitas yang telah dllakukannya maka boleh menggunakan air hangat. Tetapi jika udara pada saat itu terasa dingin dan anak tidak terbiasa dengan suhu dingin maka gunakan lah air hangat.

  1. Kondisi anak dalam keadaan Fit

Sebelum ingin memandikan anak pada malam hari, pastikan terlebih dahulu bahwa kondisi anak sedang fit. Jika anak merasa kurang enak badan maka cukup dilap dengan kain saja.

  1. Waktu mandi tidak terlalu lama

Jangan memandikan anak dalam waktu yang lama, karena dapat membuat kulitnya yang masih tipis menjadi kering. Hal ini malah dapat menimbulkan infeksi. Selain itu, anak akan merasa kedinginan jika terlalu lama terkena siraman air.

Sayangi keluarga anda dengan menggunakan produk berkualitas pemanasairindonesia.com 

Previous article

Tempat Wisata Murah dan Menyenangkan untuk Keluarga di Wilayah Cibubur

Next article

Mobil Jarang Dipakai Saat WFH? Perhatikan Aki Mobil

Join the discussion

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *